Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD pada materi sistem peredaran darah manusia di kelas VIII B SMP Negeri 2 Siantan. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sampel penelitian siswa kelas VIII B dengan jumlah siswa 24 orang, 12 laki-laki dan 12 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Dari hasil penelitian, rata-rata hasil belajar pada siklus 1 sebesar 76,6 dengan ketuntasan 87,5% dan siklus 2 sebesar 82,41 dengan ketuntasan 100% (KKM 65). Persentase pelaksanaan pembelajaran pada siklus 1 sebesar 100% dan siklus 2 sebesar 100%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sitem peredaran darah manusia.  Kata kunci: Kooperatif tipe STAD, hasil belajar.  Abstract: This study aims to improve the students’ learning result by using the cooperative model type STAD on the material of the human blood circulation system in VIII B class of SMP Negeri 2 Siantan. The model of this study was Classroom Action Research. The samples are the students of VIII B class which is consist of 24 students, 12 boys and 12 girls. This study was conducted in two cycles. Based on the result of the study, obtained that the average of the first cycle result was 76,6 with 87,5% of completeness while the second cycle was 82,41 with 100% of completeness (KKM 65). Since percentage of the learning process on the first cyle was 100% and the second cycle was 100%, can be concluded that using the cooperative model of STAD type can improve the students learning result on the material of the human blood circulation system.  Keywords: Cooperative type STAD, learning result.  Â
Copyrights © 2015