Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 4, No 8 (2015): AGUSTUS 2015

PENGELOLAAN PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK BERMAIN

Suyatni, . (Unknown)
Suib, Masluyah (Unknown)
., M.Syukri (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2015

Abstract

Abstrak : Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan program PAUD. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya keberhasilan PAUD ”Cerdas” Sintang sebagai satu-satunya PAUD yang ada di Kabupaten Sintang yang telah Terakreditasi oleh BAN PNF. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam tentang pengelolaan program PAUD pada kelompok bermain. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi program PAUD pada kelompok bermain di lembaga PAUD “Cerdas” Sintang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif  dengan pendekatan kualitatif, adapun subjek penelitian meliputi: pengelola dan pendidik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa Perencanaan progam yang dilakukan di PAUD “ Cerdas” disusun oleh pengelola dan pendidik. Dalam hal pengorganisasian  struktur organisasi masih tumpang tindih antara personel. Dalam pelaksanaan program tampak rapi dan berjalan dengan baik namun ada beberapa hal yang tidak sesuai antara program yang telah dibuat dengan pelaksanaan di lapangan. Evaluasi program dilakukan setiap semester untuk mengevaluasi dan menentukan program kerja selanjutnya. Beberapa rekomendasi untuk perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi program PAUD ”Cerdas” adalah Perencanaan yang sudah ada hendaknya mengacu Rencana Program Jangka Pankang (RPJP) dan Rencana Program Jangka Menengah (RPJM)  dan Visi Misi Lembaga serta melibatkan masyarakat. Organisasi hendaknya menempatkan personel sesuai dengan bidang keahlian dan pengalamannya serta tidak rangkap jabatan. Pelaksanaan hendaknya sesuai dengan rencana yang telah disusun, evaluasi hendaknya dilaksanakan setiap pertemuan.   Kata Kunci      : Pengelolaan Program, Pendidikan Anak-Anak Usia Dini Abstract : The problem in this research is how the management of early childhood education program or it is called PAUD. The background of this research is the success of PAUD “Cerdas” Sintang to be the only PAUD in Sintang Regency that has been accredited by BAN PNF. This research aims to find out more in depth about the management of early childhood programs in PAUD . Specifically , this study aims to describe the planning , organizing , implementation and evaluation of PAUD programs  group play in PAUD " Cerdas " Sintang This research uses descriptive qualitative method. The subjects of this research consist of the manager and the educator. The technique of collecting data in this research are interview, observation, and documentation. The result of this research can be described that the program management in PAUD “Cerdas” is arranged by the manager and the educator. In organizing, there is still a problem between the personnel. On the other hand, in the program implementation, it looks tidy and good but there are some programs that are not match with the implementation in the field. The program evaluation in each program is done to evaluate and to decide the next program. Some recommendations to the plan, organization, implementation, and evaluation of the PAUD program “Cerdas” are the plan that should refer to the Rencana Program Jangka Panjang (RPJP) and Rencana Program Jangka Menengah (RPJM), the vision and mission of the institute and also involve the people. The organization should places the personnel based on the skill and experience and do not do double jobs. The implementation should be based on the plan that is arrangad and evaluated and it should be implemented in every meeting.   Key words: Program Management, Early Childhood Education

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...