Abstrak: Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Siklus Tindakan Kelas terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dengan menggunakan pedoman observasi, panduan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dan hasil analisis data maka secara umum dapat disimpulkan bahwa peningkatan kreativitas dapat dilakukan melalui pembelajaran kolase dengan menggunakan bahan alam pada anak usia 5-6 tahun di TK Kristen Immanuel II Sungai Raya. Secara khusus dapat disimpulkan sebagai berikut: (1). Perencanaan pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas melalui pembelajaran kolase dengan menggunakan bahan alam dikategorikan baik; (2). Pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas melalui pembelajaran kolase dengan menggunakan bahan alam dikategorikan sangat baik; (3). Hasil peningkatan kreativitas melalui pembelajaran kolase dengan menggunakan bahan alam dikategorikan berkembang sesuai harapan.   Kata Kunci: Kreativitas, Pembelajaran Kolase, Bahan Alam Abstract: The method used is descriptive method with the form of classroom action researc. Class Action Cycle consists of planning, implementation, observation, and reflection. The collection of data by using the guidelines observation, interview and documentation. Based on the results of research has been done and the results of data analysis in general it can be concluded that increased creativity can be done through collage learning using natural materials in kindergarten Emmanuel II Sungai Raya. In particular can be summarized as follows: (1). Learning plan to promote creativity through learning collage using natural materials categorized as good; (2). Implementation of learning to promote creativity through learning collage using natural materials categorized as very good; (3). The resulting increase in creativity through learning collage using natural materials categorized as developing according to expectations. Keywords: Creativity, Collage Learning, Natural Materials
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016