Abstrak: Peningkatan Kemampuan Menyimak Pembacaan Cerita Pendek Menggunakan Strategi Pembelajaran PAKEM Pada Siswa XI IPS SMAN I Kuala Mandor B dilaksanakan untuk mengetahui penerapan pembelajan yang dilaksanakan di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran menyimak pembacaan cerita pendek dengan menggunakan strategi PAKEM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Adapun jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Alat penelitian yang digunakan berupa tes, lembar observasi, dan catatan lapangan. Data penelitian yang berupa temuan hasil observasi dan hasil evaluasi siswa, kemudian diolah secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, penggunaan pembelajaran dengan strategi PAKEM dapat meningkatkan kemampuan siswa menyimak pembacaan cerita pendek pada setiap siklus. Siklus 1 ketuntasan klasikal 21% dengan rata-rata kelas 61,6, siklus 1 meningkat menjadi 50% dengan rata-rata kelas 65,8, dan siklus 3 meningkat lagi menjadi 100% dengan rata-rata kelas 79,4. Kata Kunci: menyimak pembacaan cerita pendek, strategi PAKEM Abstract: Improving the XI Social Science of SMAN I Kuala Mandor Students' Ability of Listening to Short Story Reading by Using PAKEM Learning Strategy is implemented to know the application of teaching and learning in the class. The purpose of this research is to describe the planning, application, and the result of listening to short story reading by using PAKEM learning strategy. The method used in this research is descriptive method with qualitative form of research. The type of research is class action research. Research tools that used were tests, observation sheets, and field notes. The research findings data in the form of observations and the results of student evaluations was analyzed quantitatively and qualitatively. Based on the research' result that has been done, the used of PAKEM strategy could increase the students' ability of listening to short story reading on every cycle. Cycle 1 the classical completeness was 21% with an average grade of 61.6, cycle 2 was increased up to 50% with an average grade of 65.8, and cycle 3 was increased up to 100% with an average grade of 79.4. Keywords: Listen to reading short story, PAKEM strategy
Copyrights © 2014