Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) Melihat bagaimana tahapan scaffolding dalam pembelajaran pada siswa saat memecahkan masalah. (2) melihat bagaimana kemampuan siswa dalam pemecahan masalah setelah diberi pembelajaran dengan tahapan scaffolding. Metode yang digunakan adalah metode pre-eksperimental dengan bentuk penelitian yang digunakan adalah One-shot Case Study. Subyek penelitian ini adalah 30 siswa kelas VII SMP N 9 Pontianak. Hasil analisis data menunjukan (1) tahapan scaffolding yang dilakukan dalam pembelajaran pemecahan masalah meliputi tanya jawab saat siswa memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah dan menyelesaikan masalah serta mengajak siswa aktif memecahkan masalah saat pengecekan kembali. (2) kemampuan siswa setelah diberikan perlakuan melalui tahapan scaffolding efektif yang mana rata-rata nilai siswa adalah 67,5.   Kata Kunci : Scaffolding, Tahapan Scaffolding, Pemecahan Masalah Abstract: The purpose of this research is (1) to see how scaffolding technique in teaching learning for the students to solve the problem. (2) to see the students’ ability through scaffolding technique. The method of the researcher used is Pre-experimental which consisted of One-Shot Case Study. The subject of this research is 30 students of VII grade of SMP N 9 Pontianak. The result of the data analysis showed that (1) scaffolding technique in teaching learning in solving the problem is interview when the students understanding process, planning for solving the problem and finishing the problem and asking the students to active for solving the problem when recheck. (2) the students’ ability after given the treatment through scaffolding technique is effective which average score of the students is 67,5.   Keywords: Scaffolding, Scaffolding Technique, Problem Solving
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014