Pemanfaatan teknologi dalam berbagai bidang telah dikembangkan dengan berbagai aplikasi yang mendukung dalam penggunaannya, misalnya pemanfaatannya dalam media pembelajaran maupun media evaluasi atau kuis pembelajaran. Pemberian kuis pembelajaran sejarah di SMAN 9 Gowa masih menggunakan metode yang bersifat konvensional berupa kuis dalam bentuk kertas maupun kuis dalam bentuk tanya jawab langsung, sehingga menyebabkan peserta didik kurang antusias dalam bersemangat dan bersikap jujur dalam pengerjaan kuis dikarenakan media yang digunakan terkesan menonton dan tidak bervariasi. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sejarah peserta didik Kelas X IIS 3 SMAN 9 Gowa sebelum pemberian kuis berbasis media android dengan aplikasi Kahoot! dan setelah pemberian kuis berbasis media android dengan aplikasi Kahoot!. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing terdiri dari 3 kali pertemuan yang dilakukan dalam empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; (4) refleksi tindakan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IIS 3 SMAN 9 Gowa pada Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020 dengan jumlah peserta didik 32 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan hasil tes peserta didik pada siklus I sebelum pemberian kuis berbasis media android dengan aplikasi Kahoot! dengan skor rata-rata yakni 51,65 berada pada kategori rendah. Sedangkan, hasil tes peserta didik pada siklus II setelah pemberian kuis berbasis media android dengan aplikasi Kahoot! dengan skor rata-rata 76 berada pada kategori tinggi. Beradasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pemberian kuis berbasis media android dengan aplikasi Kahoot! dapat meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik Kelas X IIS 3 SMAN 9 Gowa dengan skor rata-rata peningkatan 24,44.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020