Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan belajar pada Materi Trigonometri dalam Kemampuan Penalaran Matematis Siswa di SMA Muhammadiyah Sukabumi sebagai acuan untuk mendorong guru menghadirkan pembelajaran yang bersifat didaktis da;am pembelajaran trigonometri di kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang melibatkan 9 orang siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Sukabumi tahun ajaran 2019/2020. Siswa yang menjadi partisipan adalah siswa yang telah diberikan materi konsep trigonometri, fungsi trigonometri dan persamaan trigonometri. Analisis hambatan belajar siswa dalam kemampuan penalaran matematis diukur dengan instrumen berupa 5 soal yang telah divalidasi sebelumnya. Hambatan belajar yang ditemukan diantaranya Konsep teorema pyhtagoras, Konsep bagian-bagian segitiga siku-siku dalam trigonometri ,Konsep trigonometri ,Konsep trigonometri sudut berelasi, Konsep absis untuk trigonometri yang kurang dipahami siswa Konsep dasar aljabar yang kurang dipahami siswa dan Kurangnya ketelitian siswa. Hambatan belajar tersebut dapat dijadikan suatu acuan sebagai anitisipasi didaktis pedagogis (ADP) dan pertimbangan learning trajectory (LT) dalam pembelajaran trigonometri di kelas XI. Sehingga guru diharapkan dapat menghadirkan situasi didaktis dalam pembelajarannya.
Copyrights © 2019