Jurnal Ilmiah METADATA
Vol. 2 No. 3 (2020): Edisi bulan September 2020

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI KELAS VIII MTs Al-ITTIHADIYAH MEDAN

Haidir, Haidir (Unknown)
Hizbullah, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2020

Abstract

Pada kegiatan proses belajar bagi siswa, metode pembelajaran merupakan hal terpenting dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa. Kerenanya metode pembelajaran yang digunakan harus seefektif dan semenarik mungkin pada siswa. Sehingga pada mata pelajaran Fikih dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran quantum teaching untuk mencapai percepatan pembelajaran. Pada penelitian ini diterapkanlah metode pembelajaran quantum teaching, yang dilakukan pada kelas VIII MTs Al-Ittihadiyah Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif. Adapun ttujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran quantum teaching ini dalam meningkatkan pemahaman dan pengetahuan siswa/siswi di MTs Al-Ittihadiyah Medan dalam menguasai materi pembelajaran Fikih. Diharapkan dengan adanya penelitian dapat mengetahui apakah metode pembelajaran ini efektif atau tidak dalam mata pelajaran Fikih. Ternyata berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti pada siswa/siswi kelas VIII MTs Al-Ittihadiyah Medan yang telah mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran quantum teaching lebih baik dengan nilai rata-rata =80,2 dibandingkan dengan hasil tes awal dengan nilai rata-rata = 60,5. Sehingga dengan menggunakan metode pembelajaran quantum teaching ini terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

metadata

Publisher

Subject

Religion Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

for aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in education, Sains, Social, Technology and Humaniora. Focus ans Scope : Education, Management, Law, Sains, Social, Technology and ...