As Sibyan : Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Dasar
Vol 2 No 1 (2019): Januari - Juni 2019

LANDASAN SOSIOLOGIS PENGEMBANGAN KURIKULUM SEBAGAI PERSIAPAN GENERASI YANG BERBUDAYA ISLAM

Khalim, Ahmad Dwi Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2019

Abstract

Pendidikan merupakan bagian dari kebudayaan, suatu proses kebudayaan dan tercipta dari budaya serta dilaksanakan dalam rangka proses pembudayaan. Dalam pendidikan memuat yang namanya kurikulum, secara umum kurikulum adalah rancangan yang memuat seperangkat mata pelajaran dan/atau materinya yang akan dipelajari atau akan diajarkan pendidik kepada peserta didik. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian library research. Dimana data-data dan informasi diperoleh melalui berbagai literatur yang tersedia. Hasil penelitian ini bahwa landasan sosiologis pengembangan kurikulum sejatinya harus dibangun dan dikembangkan dengan tetap merujuk pada asas kemasyarakatan dan kebutuhan masyarakat. Melalui landasan sosiologis pengembangan kurikulum dapat dipersiapkan peran pendidikan dalam menyiapkan generasi yang berbudaya islam.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

As_Sibyan

Publisher

Subject

Education

Description

As Sibyan is published by PGMI STAINU Purworejo twice a year in July and December. The focus and scope for the paper are Primary School Curriculum Design, Learning Material (Math, Social Studies, Science, Civic Education, Bahasa, Islamic Education (Aqidah, SKI, Fiqh, Al-Qur’an, Hadist, Arab ...