Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara big five personality dengan intensi berbagi informasi di media sosial. Responden penelitian ini adalah 541 mahasiswa (Laki-laki : 190; Perempuan : 351). Data dikumpulkan dengan Skala Intensi Berbagi Informasi di Media Sosial dan Big Five Inventory (BFI). Proses analisis dilakukan dengan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada korelasi positif yang signifikan antara intensi berbagi informasi di media sosial dengan beberapa dimensi big five personality, yaitu dimensi exstraversion (r=.0354; p<0.01), conscientiousness (r=0.289; p<0.01), agreeableness (r=0.413; p<0.01), dan openness (r=0.165; p<0.01). Sedangkan untuk dimensi kepribadian neuroticsm berkorelasi negatif secara signifikan dengan intensi berbagi informasi di media sosial (r=-0.087; p<0.05). Hasil penelitian menegaskan bahwa faktor kepribadian penting untuk dipertimbangkan dalam menjelaskan perilaku berbagi informasi di media sosial.
Copyrights © 2019