Jurnal Ecopsy
Vol 6, No 1 (2019): JURNAL ECOPSY

Tipe kepribadian dan intensi berbagi informasi di media sosial

Sartana Sartana (Prodi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas)
Nelia Afriyeni (Prodi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara big five personality dengan intensi berbagi informasi di media sosial. Responden penelitian ini adalah 541 mahasiswa (Laki-laki : 190; Perempuan : 351). Data dikumpulkan dengan Skala Intensi Berbagi Informasi di Media Sosial dan Big Five Inventory (BFI). Proses analisis dilakukan dengan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada korelasi positif yang signifikan antara intensi berbagi informasi di media sosial dengan beberapa dimensi big five personality, yaitu dimensi exstraversion (r=.0354; p<0.01), conscientiousness (r=0.289; p<0.01), agreeableness (r=0.413; p<0.01), dan openness (r=0.165; p<0.01). Sedangkan untuk dimensi kepribadian neuroticsm berkorelasi negatif secara signifikan dengan intensi berbagi informasi di media sosial (r=-0.087; p<0.05). Hasil penelitian menegaskan bahwa faktor kepribadian penting untuk dipertimbangkan dalam menjelaskan perilaku berbagi informasi di media sosial.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ecopsy

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

Ecopsy Journal is a scientific journal that focuses on the Science of Psychology, particularly with regard to issues of Environmental Psychology and other branches of Psychological sciences related environmental context (General Psychology, Social Psychology, Developmental Psychology, Clinical ...