ABSTRAKPerpindahan merek merupakan salah satu objek yang menarik untuk diteliti. Perusahaan perlu mengetahui apa saja yang memotivasi masyarakat untuk beralih menggunakan produk pesaing. Terutama di jasa telekomunikasi yang berbasis seluler dengan memunculkan berbagai kartu seluler Indonesia. Kartu seluler termasuk kategori low involvement yang mana produk tersebut  tidak terlalu beresiko bagi konsumen maka dengan mudah bagi konsumen berpindah merek jika konsumen tidak puas maka konsumen akan mencari informasi dan evaluasi  terhadap berbagai alternatif  lain dari merek yang digunakan sebelumnya. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 sampel dengan teknik purposive sampling untuk menguji model perilaku berpindah merek pada produk kartu seluler. Model ini menekankan pada pengaruh dari ketidakpuasan konsumen dengan nilai signifikan 0,041< alpha 0,05 sehingga keputusannya ketidakpuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap perilaku perpindahan merek sim card simpati di kota padang artinya hipotesis pertama diterima, kebutuhan mencari variasi nilai signifikan 0,000 < alpha 0,05 sehingga keputusannya kebutuhan mencari variasi berpengaruh signifikan terhadap perilaku perpindahan merek sim card simpati di kota padang artinya hipotesis ke dua diterima  dan  uji signifikan simultan menghasilkan nilai F hitung sebesar 21,343 dengan tingkat signifikan 0,000 kecil dari sig < 0,05 dapat dikatakan ketidakpuasan dan kebutuhan mencari variasi secara bersama sama berpengaruh terhadap memprediksi perilaku perpindahan merek sim card simpati dikota padang artinya hipotesis  ketiga diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model penelitian dapat diterima. Kata Kunci: ketidakpuasan konsumen, kebutuhan mencari variasi, brand switching, alat analisis regresi linear berganda
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013