Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu- isu Sosial
Vol. 17 No. 2 (2019): Pendidikan Islam dan Isu-isu Sosial

Studi Tentang Pendekatan Konstruktivisme Melalui Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Dalam Meningkatkan Prestasi Balajar Peserta Didik

Ahmad Hulaimi (IAI HAMZANWADI NW PANCOR)
H. Imanuddin (IAI HAMZANWADI NW PANCOR)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2020

Abstract

Dalam proses belajar mengajar konvensional, guru lebih mendominasi kegiatan pembelajaran, guru lebih aktif dan lebih berinisiatf untuk mencari bahan-bahan materi pembelajaran, berfikir menyajikan sesuatu yang baru. Berbeda dengan peserta didik yang lebih banyak bersifat pasif. Aktivitas peserta didik terbatas pada mendengar apa yang disampaikan oleh guru, mencatat apa yang diberikan dan menjawab apabila guru memberikan sebuah pertanyaan. Peserta didik hanya bekerja menurut perintah dan cara berfikir yang telah digariskan oleh guru. Pendekatan pembelajaran konstruktivisme adalah salah satu alternatif untuk mengurangi masalah yang dihadapi oleh guru dan peserta didik dalam pembelajaran. Khususnya untuk mengubah paradigma berfikir yang selama ini terus menjadi alasan ketidak berhasilan atau kegagalan dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme radikal diharapkan peserta didik lebih aktif dan menemukan sendiri bahan-bahan yang akan dipelajari, sehingga hasil yang diperoleh lebih optimal dan dapat dirasakan lebih oleh peserta didik itu sendiri. Guru hanya akan berperan dalam memantau, memfasilitasi dan membimbing peserta didik yang berperan aktif tersebut. Pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tadib

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Tadib Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Jurnal Tadib P ISSN: 2088 6462 EISSN: 2686 0228 adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali setahun. Jurnal ini diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah IAIH NW Pancor sejak 2010. Dimaksudkan sebagai ruang pemikiran kritis dan terbuka bagi semua kalangan ...