Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 9, No 1 (2020)

EFEKTIFITAS MEDIA SOSIAL DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK

Hamdah Siti Hamsanah Fitriani (Unknown)
Winda Dwi Hudhana (Unknown)
Dhipa Erlangga Sanyoto (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2020

Abstract

Keterampilan menulis puisi dianggap sebagai keterampilan paling sulit. Oleh karena, pengarang harus memadaptkan bahasa dalam menulis puisi. Media sosial dapat digunakan sebagai media pembelajaran menulis puisi. Melalui media sosial, siswa dapat meningkatkan imajinasi dan inovasinya dalam mencipatakan puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media sosial dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa siswa kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kota Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Penelitian ini digunakan pada siswa kelas X SMAN Muhammadiyah 4 Kota Tangerang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan angket. Hasil penelitian yaitu rata-rata hasil pretest menulis puisi di SMA Muhammadiyah 4 Kota Tangerang melalui media sosial yaitu 69,3 dan postets 77,6. Hasil perhitungan angket guru yaitu 92% dan siswa 88% maka dikategorikan sangat efektif.Kata Kunci      : Media Sosial, Menulis Puisi

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

lgrm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan karya ilmiah dosen, mahasiswa, praktisi nasional maupun internasional yang berkontribusi dalam pembaharuan ide, konsep dan teori berkaitan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Hasil penelitian dapat berupa: 1. Hasil penelitian pendidikan bahasa dan ...