Abstrak: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk-bentuk perhatian orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar  siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk perhatian orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar  siswa  di Desa Lakapera Kecamatan Gu Kabupaten Buton Tengah. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah  metode deskriptif kualitatif, sumber data yaitu data primer, data sekunder dan informan, dalam  penelitian ini, informan di ambil secara sengaja (purposive sampling), maka di tetapkan 11 orang tua  sebagai informan  kunci (informant key) dan informan tambahan 3 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk-bentuk  perhatian orang tua dalam meningkatkan  prestasi belajar (Studi di Desa Lakapera Kecamatan Gu Kabupaten Buton Tengah) yaitu: a) pemberian bimbingan atau  nasehat adalah pada saat siswa belajar di rumah orang tua selalu memberikan bimbingan dan mendampingi siswa  belajar dirumah; b) pengawasan terhadap anak adalah orang tua siswa selalu mengingatkan dan mengontrol anak dalam belajar; c) pemberian penghargaan yaitu  orang tua selalu  memberikan  penghargaan kepada anaknya sesuai kemampuan ekonominya; d) Pemenuhan fasilitas, adalah orang tua  memberikan fasiltas kepada anaknya dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan; e) Penciptaan suasana yang tenang nyaman dan tentram adalah mendukung anak dengan mudah untuk  berkosentrasi belajar. Kesimpulan  dalam penelitian ini bahwa bentuk-bentuk perhatian orang tua dalam meningkatkan  prestasi belajar (studi di Desa Lakapera Kecamatan  Gu Kabupaten Buton Tengah)  yaitu: a) orang tua memberikan  bimbingan dan mendampingi siswa belajar; b) mengontrol dan mengingatkan waktu belajar anak; c) pemberian penghargaan atau hadiah kepada anaknya,memberikan fasiltas kepada siswa/anaknya  dalam  belajar; d) mendukung anak berkosentrasi belajar di rumah. Kata kunci:  Perhatian  Orang Tua, Prestasi Belajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017