ABSTRAK Menulis adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai siswa disamping keterampilan bahasa inggris lainnya. Melalui menulis orang dapat mengekspresikan ide mereka dalam bentuk tertulis. Namun, fenomena di lapangan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis. Karena siswa tidak dapat mengekspresikan ide, mengembangkan ide menjadi sebuah paragraf. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa strategi yang bisa digunakan dalam pembelajaran menulis. Dalam makalah ini, penulis mengkombinasikan dua buah strategi untuk membantu siswa dalam menulis, yaitu RAFT ( Role, Audience, Format, and Topic) strategy and POWER ( Plan, Organize, Write, Edit, and Revise). RAFT strategy yaitu strategi yang digunakan pada awal kegiatan menulis dalam rangka mencari dan mengembangkan ide. Setelah itu, siswa diberi lembaran untuk menguraikan idenya ( think sheet), dan lembaran untuk mongereksi (edit sheet) pada POWER strategi. Melalui strategi ini siswa akan terbantu untuk menjadi penulis yang baik. Dengan demikian, mengkombinasikan RAFT strategy dengan POWER strategy diharapkan bisa membantu siswa sekolah menengah atas dengan mempelajari maupun memahami konsep menulis. Â
Copyrights © 2013