Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

THE EFFECT OF USING CONTEXTUAL REDEFINITION STRATEGY TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT SENIOR HIGH SCHOOL (A Study at XI Grade of SMAN 1 Ranah Pesisir)

Rahmadani, Rika (Unknown)
Octavia, Shanty (Unknown)
Sulastri, Nanik (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2013

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dari penggunaan strategi Contextual Redefinition dalam pengajaran bahasa Inggris, khususnya dalam pemahaman membaca siswa kelas XI IPA SMAN 1 Ranah Pesisir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Ranah Pesisir pada tahun ajaran 2012/2013. Sampel penelitian ini  yaitu siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 siswa dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 siswa. Perlakuan diberikan sebanyak delapan kali pertemuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Materi yang diajarkan berkaitan dengan materi yang berdasarkan silabus. Instrumen yang diberikan adalah test pilihan ganda yang terlebih dahulu di uji cobakan pada salah satu kelas yaitu kelas XI IPA 3. Sebelum perlakuan diberikan, pre-test di berikan ke kelas sample. kemudian post-test diberikan setelah perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemudian peneliti membandingkan  nilai pre-test dan post-test siswa sehigga didapat nilai rata-rata untuk kelas experiment 10,81 dengan total kuadrat 3896,37 dan rata-rata kelas kontrol yaitu 7,5 dengan total kuadrat 3571,88. Setelah itu peneliti menemukan t-calculated. Berdasarkan hasil dari analisis data, t-calculated  yaitu 1,22 dan t-table yaitu 2,00. Berarti t-calculated lebih kecil dari t-table.  Maka peneliti menyimpulkan bahwa disana tidak ada pengaruh dari  Contextual Redefinition Strategy dalam peningkatan pemahaman membaca siswa di SMAN 1 Ranah Pesisir sehingga hipotesis pada penelitian ini ditolak.

Copyrights © 2013