ABSTRAKMakalah ini ditulis bertujuan untuk membantu siswa dalam memahami sebuah teks dan juga bertujuan memberikan sebuah cara pada siswa dalam memperbanyak kosa kata yang merupakan salah satu dari sekian banyak permasalahan yang ada dalam pengajaran reading pada sekolah menengah pertama (SMP). Selain itu makalah ini juga dimaksudkan sebagai masukan bagi guru-guru bahasa inggris dalam melaksanakan pelajaran reading sehingga siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar reading. Dalam makalah ini penulis membahas bagaimana pengajaran reading melalui penggabungan strategi Vocabulary self-collection dan strategi Cubing. Strategi ini dapat mempermudah guru meningkatkan keinginan siswa dalam membaca dan mempermudah siswa dalam memahami sebuah bahan bacaan. Ada beberapa langkah yang digunakan dalam penggabungan dua strategi ini secara garis besar strategi Vocabulary self-collection memotivasi siswa untuk memahami kata-kata dari sebuah teks. Strategy cubing bertujuan untuk mengukur pemahaman siswa dalam menganalisa sebuah bahan bacaan. Tujuan dari penggabungan dua strategi ini agar siswa menjadi lebih aktif dan tertarik dengan kosa kata yang baru dan dapat mengukur pemahaman siswa pada teks bahasa inggris. Penulis mengharapkan agar penggabungan strategi-strategi ini bisa menjadi panduan bagi guru dalam mengajar reading.Â
Copyrights © 2013