Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

TEACHING READING NARRATIVE TEXT BY COMBINING PACA (Predicting and Confirming Activit) with VIP (Very Important Point) STRATEGY In SENIOR HIGH SCHOOL

Wahyuni, Desi (Unknown)
Agusni, Agusni (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAK             Membaca adalah salah satu keahlian yang penting dalam belajar Bahasa Inggris. membaca dapat membantu siswa untuk memperoleh informasi dan meningkatkan pengetahuannya. Namun kebanyakan dari siswa mengalami masalah dalam memahami sebuah text. hal ini di sebabkan keterbatasan kosa kata yang dimiliki oleh siswa dan strategy yang di terapkan belum mampu memberikan peningkatan terhadap pemahaman siswa. Dalam makalah ini, penulis mengkombinasikan dua strategy untuk membantu siswa meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca, yaitu PACA (Predict and Confirming Activity) dan VIPs (Very Important Point) Strategi.            Adapun langkah – langkah yang harus di lakukan oleh guru dalam menerapan strategi kombinasi ini, pada awalnya siswa diberikan Aktivitas brainstorming diperlukan untuk mengaktifkan pengetahuan awal mereka. Kemudian memberikan beberapa pertanyaan dan gambar lalu mereka memperediksinya. Setelah itu, guru menyuruh siswa untuk merevisi dan memodifikasi yang mereka perediksi. Kemudian guru menyuruh siswa untuk membaca teks, tapi sebelumnya guru mengintruksikan penggunaan stiki strip dan siswa menandai ide terpenting di dalam teks dengan menggunakan stiki strip. langkah akhir, guru dan siswa mendiskusikan isi yang terkadung dalam texts, serta guru memberikan kesimpulan materi yang telah di pelajari. Penerapan strategi kombinasi ini mampu membuat guru dan siswa berperan aktif serta mampu meningkatkan motivasi siswa dalam membaca teks, khususnya teks narrative.   

Copyrights © 2013