ABSTRAK Makalah ini mendiskusikan tentang pengajaran reading untuk siswa kelas dua SMP dengan menggunakan strategi Anchored Instruction. Salah satu masalah yang sering dihadapi guru yaitu bagaimana menumbuhkan minat membaca siswa khusunya pada narrative text. Biasanya dalam membaca siswa sering meghadapi kendala seperti; kurang memahami topik bacaan, beserta makna dari isi keseluruhan bacaan. Salah satu strategi yang sesuai digunakan untuk permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan strategi Anchored Instruction. Dalam penerapanya, guru memberikankan sebuah video dan narrative text  kepada siswa, mendiskusikan cerita dengan konteks kehidupan sehari-hari, memberikan kesimpulan berdasarkan kelompok yang selanjutnya akan disimpulkan kembali bersama guru sebagai kesimpulan paling tepat . Melalui prosedur tersebut membaca narrative text akan semakin mudah bagi siswa dan dapat membuat mereka lebih tertarik atau termotivasi dalam proses pembelajaran. Maka dari itu, dengan adanya strategi ini diharapkan guru dan siswa memiliki sebuah pegangan yang dapat membantu dalam kegiatan reading, sehingga reading menjadi kegiatan yang menyenangkan.
Copyrights © 2013