ABSTRAK Menulis adalah salah satu kemampuan yang digunakan dalam kurikulum pada tingkat sekolah menengah pertama (SMP). Namun banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis khususnya untuk mengexspresikan ide-idenya dalam membuat sebuah teks atau paragraph. Untuk itu, banyak strategi atau metode yang telah dikembangkan oleh para ahli pendidikan untuk membantu siswa dan guru dalam menciptakan cara belajar yang efektif dan efisien. Salah diantaranya mengajar menulis dengan strategi Transition-Action-Details (TAD).Strategi ini sangat membantu kemampuan siswa untuk menuliskan ide-ide mereka. Strategi ini lebih mengedepankan aktifitas siswa dalam membuat, sebuah cerita menurut pengalaman pribadi mereka. Dengan adanya strategi ini diharapkan guru-guru Bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis dan siswa dapat menuliskan pengalaman pribadi mereka secara efektif dan efisien. Dengan menggunakan strategi ini siswa tidak hanya termotivasi untuk menulis  tetapi mereka bisa menyukai pelajaran Bahasa Inggris khususnya menulis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013