Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

TEACHING READING THROUGH COMBINING TEXT RENDERING STRATEGY AND GALLERY WALK STRATEGY AT GRADE EIGHT STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL

Rantini, Dewi (Unknown)
Sevrika, Hevriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAKMembaca adalah suatu keahlian yang dapat dimanfaatkan dalam segala bidang khususnya dalam peningkatan kemampuan siswa dibidang akademik. Sehubungan dengan pentingnya manfaat membaca, para guru dihadapkan dengan masalah seputar keahlian membaca siswa. Banyak sekali masalah yang muncul pada tahap pembelajaran membaca khususnya pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Selain sebagai bahasa luar,  bahasa Inggris juga sebagai bahasa internasional. Oleh sebab itu, dalam hal ini guru harus mengambil peranan sebagai fasilitator yang juga dapat mengurangi bahkan memecahkan masalah yang dihadapi siswa. Banyak cara yang telah dilakukan diantaranya menggunakan strategi pembelajaran. Diantara sekian banyak strategi, penulis memaparkan penggunaan strategi membaca dengan mengombinasikan dua strategi berbeda. Mereka adalah Text Rendering and Gallery Walk.   Kedua strategi ini sangat tepat digunakan dalam pengajaran reading karna selain menarik, strategi ini juga saling mendukung satu sama lain. Pada tahap Text Rendering, siswa akan diminta untuk menentukan kalimat, frase, dan kata yang dapat mewakili isi teks. Kemudian Gallery Walk akan menyediakan kegiatan yang membiarkan siswa berkeliling kelas dan bertukar ide dengan temannya yang pada akhirnya nanti akan didiskusikan bersama. Melalui tahap-tahap ini, siswa tidak hanya mampu meningkatkan kemampuan membaca tapi juga berbicara.

Copyrights © 2013