Makalah ini bertujuan untuk mengajarkan kepada siswa bagaimana memahami sebuah teks dengan menggunakan teknik. Di sini penulis menggunakan RSQC2 (Recall, Summarize, Question, Connect and Comment) teknik. Teknik ini dianggap penulis dapat membantu siswa dalam memahami dan menyimpulkan teks yang telah dibacanya. Melalui teknik ini guru dapat mengarahkan kemampuan siswa untuk mengambil poin-poin penting dari sebuah teks, kemudian menyimpulkannya dalam sebuah kalimat. Setelah itu siswa mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dianggap sulit bagi siswa dan mneghubungkannya dengan kesimpulan yang telah mereka buat. Selain itu, siswa juga bisa memberikan komentar tentang proses belajar mengajae yang telah terlaksana.Dalam pembuatan makalah ini, sebelumnya penulis berpedoman kepada minimnya kemampuan siswa dalam pemahaman membaca yang banyak penulis temui pada waktu praktek mengajar di salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP Negeri 10 Padang). Di sini penulis melihat siswa sangat terbentur dalam memahami sebuah teks bacaan, kemudian menyimpulkan isi bacaan sehingga siswa sulit untuk menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan teks yang telah dibaca. Berdasarkan masalah di atas, penulis menemukan teknik yang lebih baik untuk siswa maupun guru dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca dan menyimpulkan sebuah teks bacaan. Di sini penulis menggunakan teks narrative sebagai salah satu teks yang ada dalam kurikulum bahasa Inggris untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP).
Copyrights © 2013