Membaca adalah sebuah proses kegiatan yang dilakukan oleh pembaca untuk memahami tujuan dan pesan yang ditulis oleh penulis. Pembaca memerlukan konsentrasi untuk bisa memahami sebuah teks. Dengan membaca, pembaca akan mendapatkan banyak keuntungan, seperti: mendapatkan banyak informasi, meningkatkan pengetahuan mereka dan mendapatkan ide-ide baru untuk mengatasi sebuah masalah yang ada. Dalam makalah ini penulis membahas bagaimana mengajarkan membaca pemahaman (reading comprehension) dengan menggabungkan dua strategi yaitu Think-Pair Share and Jigsaw strategy. Dimana dalam strategi ini siswa dibentuk menjadi kelompok yang nantinya mereka akan berdiskusi untuk memahami dan mengeluarkan ide-ide mereka mengenai text yang akan mereka baca.Aplikasinya, pertama guru menggunakan strategi Jigsaw, yang diawali dengan pembagian kelompok oleh guru dimana masing-masing anggota kelompok diberikan sebuah teks yang berbeda-beda, kemudian siswa membentuk kelompok baru berdasarkan teks yg dimilikinya. Di kelompok baru siswa mendiskusikan teks yang mereka miliki, setelah itu mereka kembali ke kelompok awal dan berbagi informasi tentang masing-masing teks yang mereka miliki.kemudian guru menggunakan strategi yang kedua yaitu Think-Pair Share, strategi ini masih merupakan pembelajaran kelompok seperti jigsaw. Dalam aplikasi strategi ini guru menyediakan pertanyaan yang nantinya akan dijawab oleh siswa secara individu maupun kelompok. Dengan menggunakan strategi ini, diharapkan dapat membantu untuk tercapainya tujuan pembelajaran membaca (Reading) pada siswa sekolah menengah atas (SMA).
Copyrights © 2013