Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

THE EFFECT OF TABLEAU STRATEGY TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION FOR SENIOR HIGH SCHOOL A Study at the Second Grade of Students SMAN 1 Batang Kapas in 2013/2014 Academic Year

Ningsih, Yossi Ridha (Unknown)
Mayuasti, Mayuasti (Unknown)
Ikhsan, M. Khairi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan antara TableauStrategy dengan Direct Instructional strategy dalam pengajaran bahasa Inggris khususnya reading. Penelitian ini menggunakan metode experimental yang membandingkan dua variabel bebas serta menggunakan dua kelas eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Batang Kapas Tahun Ajaran 2012/2013 yaitu 90 siswa yang terdiri dari 3 (tiga) kelas. Sementara itu, kelas sampel ditentukan dengan uji normality dan homogenity serta nilai rata-rata. Instrumen dari penelitian ini adalah reading test berbentuk narrative texts.Berdasarkan hasil analisis tes, didapatkan rata-rata dari hasil tes pada kelas eksperimen(XI IPA3) 75,66 dan varians 89,60, sedangkan rata-rata dari hasil tes pada kelas kontrol(XI IPA2) 68,00dan varians 54,48. Pengujian hipotesis dari penelitian ini dilakukan dengan uji distribusi F, setelah dilakukan pengujian diperoleh Fcalculated(3,70) lebih kecil dari Ftable(1,16) dengan nilai signifikansi 0,05, maka hipotesis pada penelitian ini diterima, hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan Tableau Strategi terhadap pencapaian nilai reading siswa karena  strategi ini mampu meningkatkan nilai siswa dalam pembelajaran reading pada kelas XI IPA SMA N 1 Batang kapas tahun ajaran 2013/2014.

Copyrights © 2013