Penelitian ini berangkat dari masalah yang dihadapi siswa dalam pemahaman membaca sebuah teks. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman membaca Narrative dan Recount teks dengan menggunakan Carousel Strategy. Dalam penelitian ini, jumlah populasi yang digunakan yaitu semua siswa kelas VIII SMPN 1 Kota Padang Ganting Batusangkar dengan jumlah siswa  120 terdiri dari 4 kelas, dan pengambilan sampel, penulis menggunakan sampel secar acak (cluster Sampling), Sample yang digunakan adalah kelas VIII A sebagai kelas ekperimen, VIII D sebagai kelas kontrol dan VIII B sebagai kelas try out. Sebelum penelitian memberikan perlakukan terlebih dahulu penelitian melakukan pre-test. Selanjutnya Perlakuan yang diberikan sebanyak 8 kali pertemuan, materi yang diberikan sesuai dengan silabus kelas VIII yaitu narrative dan recount text. Penulis memberikan test berbentuk pilihan ganda kepada siswa sebagai instrument penelitian. Setelah melakukan percobaan, peneliti mengadakan posttest  untuk mengetahui hasil dari pengaruh strategi yang telah dicobakan. Setelah mendapatkan data tersebut, peneliti menganalisa dengan menggunakan rumus Sudjana (2005). Dari hasil data analisis penelitian menemukan nilai rata-rata kelas experiment yaitu 75.60 dengan standar deviasi 8.77 sedangkan nilai rata-rata kelas control yaitu 70.73 dengan standar deviasi 7.75 dan standar deviasi kedua kelas yaitu 8.28  Penelitian juga menemukan t-calculate yaitu 2.26 lebih besar dari t-table yaitu 2.00. Dari hasil tersebut penulis dapat menyimpulkan bahwa menggunakan Carousel Strategy bernilai positif bagi siswa untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca Narrative dan Recount teks dari pada Question-Answer Relationship strategy.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013