Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

THE EFFECT OF PLANTED QUESTION TECHNIQUE TOWARD STUDENTS’ SPEAKING COMPETENCE A Study of Eight Grade Students at MTsN Langsat Kadap Rao Pasaman

Nurhasanah, Nurhasanah (Unknown)
Octavia, Shanty (Unknown)
Yulizar, Yulizar (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2013

Abstract

Dalam pembelajaran Bahasa Inggris banyak masalah yang dihadapi oleh siswa. Salah satu masalah tersebut adalah dalam kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan teknik Planted Question terhadap kemampuan berbahasa Inggris siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperiment research, bertujuan untuk menjawab: dampak Planted Question Technique terhadap kemampuan berbahasa Inggris siswa.Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1, VIII.2, VIII.3, VIII.4, VIII.5, VIII.6, VIII.7, VIII.8 and VIII.9 MTs N Langsat Kadap Rao Pasaman. Peneliti melakukan uji. Setelah melakukan uji homogenitas dan normalitas peneliti memilih kelas VIII. 1 dan VIII. 2 karena dari hasil uji di atas menunjukkan bahwa kelas VIII. 1 dan VIII. 2 homogen dan berdistribusi normal. Untuk mengetahui dampak dari teknik Planted Question maka diberikan perlakuan dengan menggunakan teknik Planted Question sebanyak 8 kali pertemuan pada kelas eksperimen. Sedangkan di kelas contro dipakai teknik yang biasa digunakan guru yaitu teknik Individual Learning. Kemudian kedua kelas diberi latihan dan test speaking dengan topic yang sama yaitu menceritakan kembali sebuah cerita narrative dan recount. Penelitian ini menunjukkan bahwa teknik Planted Question dapat meningkatkan kemampuan speaking siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan nilai rata- rata antara kelas eksperimental dengan kelas control.

Copyrights © 2013