Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa
Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar

STRATEGI GURU KELAS DALAM MENUMBUHKAN NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DI MI MADANI ALAUDDIN PAO-PAO KAB GOWA

Junaedi Junaedi (universitas muhammadiyah makassar)
Abd. Azis Muslimin (universitas muhammadiyah makassar)
Rosleny B (universitas muhammadiyah makassar)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2020

Abstract

Abstrak: Guru mempunyai kedudukan khusus dalam langkah penananaman nilai-nlai untuk meciptakan generasi penerus yang berakhlak mulia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dengan teknik pemaparan informan temuan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, serta analisis dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam menumbuhkan  nilai karakter peserta didik, Kepala Madrasah dan stack Holder merumuskan dan merencanakan program-program pembiasaan di sekolah baik di dalam maupun di luar kelas. Perencanaan tersebut kemudian direalisasikan setiap hari seperti menjemput kedatangan peserta didik, Murojaah Hafalan surah-surah, Mengaji, Shalat duha dan shalat duhur secara berjamaah.  Selain program unggulan yang diterapkan di Madrasah, Guru kelas memiliki strategi tertentu dalam menumbuhkan  nilai karakter peserta didik seperti Kultum setalah shalat Duha, Membaca Ayat Kursi, Budaya Literasi, Ice Breaking disela-sela pembelajaran, Sabtu sehat dan gizi juga penumbuhan karakter lainnya. Tidak hanya sekedar strategi yang diterapkan, melainkan guru kelas melakukan evaluasi kegiatan baik lisan maupun tulisan, juga dilakukan evaluasi melalui komunikasi oleh orangtua peserta didik.Kata Kunci : Strategi Guru, Nilai, Pendidikan Karakter, Peserta Didik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPDP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal pendidikan dasar perkhasa merupakan jurnal penelitian bidang pendidikan dasar yang terbit dua kali setahun yakni bulan April dan ...