Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

PENGAJARAN MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI UNSENT LETTER BAGI SISWA MENENGAH PERTAMA (SMPN 30 SIMPANG HARU PADANG)

Sari, Arini Puspita (Unknown)
Siska, Siska (Unknown)
Ikhsan, M. Khairi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari strategi Unsent Letter. Dalam pengajaran Bahasa Inggris khususnya writing. Penelitian ini merupakan penelitian Ekperimen, jenis experiment yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre Experimental Research, dimana peneliti hanya mengambil satu kelas saja untuk dijadikan sebagai sample kelas, dan tanpa menggunakan kelas control. Populasi dari penelitian ini adalah  siswa kelas IX SMPN 30 Simpang Haru Padang yang terdiri dari kelas IX1- IX7 yang jumlah keseluruhannya 250 siswa. Sampel yang digunakan dalam melakukan penelitian ini yaitu menggunakan cluster random sampling, dimana peneliti hanya mengambil satu kelas yang terendah dari semua nilai writing antar masing- masing kelas. Kelas yang dijadikan sample dalam penelitian ini adalah kelas IX5, dan kelas IX6 sebagai kelas try out. Dalam penelitian, penulis mengajar kelas IX5 dengan menggunakan strategi Unsent Letter.Dari penelitian yang telah dilakukan selama 7 (tujuh) kali pertemuan, diperoleh nilai post-test siswa lebih tinggi dari nilai pre-test. Dengan menggunakan rumus hypothesis dari Sudjana maka  diperoleh nilai t test sebesar 8,58. Nilai ini lebih besar dari nilai t table yang hanya 1,66. Dengan demikian, hypothesis (H1) pada penelitian ini diterima sehingga disimpulkan bahwa strategy Unsent Letter dapat meningkatkan kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris, khususnya dalam writing pada kelas IX5 Simpang Haru Padang. 

Copyrights © 2013