ABSTRAK Makalah ini ditulis bertujuan untuk membantu mengatasi salah satu dari permasalahan yang ada dalam pengajaran membaca (reading) pada sekolah menengah atas (SMA). Selain itu, makalah ini juga dimaksudkan sebagai masukan bagi guru-guru bahasa inggris dalam melaksanakan pelajaran reading sehingga siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar membaca text khususnya.Dalam makalah ini, penulis membahas bagaimana pengajaran reading melalui penggunaan kombinasi strategi discussion webs dan strategi intra-act. Strategi ini dikombinasi untuk mempermudah guru meningkatkan keinginan siswa dalam membaca dan mempermudah siswa dalam memahami isi bacaan. Strategi Discussion webs berguna bagi siswa untuk menghasilkan ide-ide mereka, pendapat dan memberikan siswa beberapa peluang untuk berinteraksi. Selain itu, siswa juga dapat mengembangkan pengetahuan mereka, menghindari kesalah pahaman dan membuat siswa belajar tentang bagaimana menghormati pendapat orang lain. Kemudian, pada strategi Intra-act, membantu siswa agar aktif didalam kelompok, mereka mengeluarkan pendapat di kelompok yang telah dibentuk, agar siswa lebih percaya diri dalam mengemukakan ide mereka. Tujuan dari penggabungan dua strategi ini agar siswa menjadi lebih aktif, efektif dan efisien dalam membaca. Penulis berharap agar strategi kombinasi ini bisa menjadi panduan bagi guru dalam mengajar membaca text.Â
Copyrights © 2013