Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

THE EFFECT OF USING PROBABLE PASSAGE STRATEGY TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION A Study at Grade X Students of SMA N 2 Ranah Pesisir

Susanti, Susi (Unknown)
Suharni, Suharni (Unknown)
Alicia, Dona (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2013

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari strategi “ Probable Passage” terhadap pemahaman membaca siswa. Hal ini dilatarbelakangi oleh  masih ada siswa yang kesulitan dalam menemukan ide pokok dan memahami teks yang dibaca. Dalam pemilihan sample, peneliti menggunakan Cluster sampling, sebelum memilih sample peneliti terlebih dahulu menentukan normalitas dan homogenitas data dengan menggunakan Sofware Minitab. Data yang diambil untuk menentukan sample adalah nilai ujian semester 1. Kelas yang digunakan sebagai kelas ekperimen adalah kelas X1, sebagai kelas kontrol adalah  kelas X2 dan sebagai kelas tryout adalah X3. Adapun bentuk penelitian ini adalah pretest and posttest control group design.. Instrumen dari penelitian ini adalah reading test dalam bentuk multiple choice test. peneliti melakukan pretest di kelas ekperimen dan kontrol. Kemudian melakukan treatment di kelas ekperimen. Peneliti mengadakan Posttest. Peneliti mendapatkan t-hitung 3, 47  lebih besar dari t-table 2,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi  Probable Passage mampu menigkatkan nilai siswa dalam pembelajaran reading.

Copyrights © 2013