Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
Vol 6, No 2 (2017)

EFEKTIFITAS PENGGUNA KURIKULUM BERBASIL ALAM UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI DAERAH PESISIR

Enda Puspitasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2017

Abstract

Kurikulum merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah lembaga penelitian, tanpakurikulum yang tepat tujuan pembelajaran tidak akan tercapai dengan baik. Kurikulum yangbaik adalah kurikulum yang sesuai dengan keadaan sekitar peserta didik. Salah satu ciri khasProvinsi Riau yaitu memiliki daerah pesisir yang mana daerah ini memiliki karakteristik yangberbeda dengan daerah daratan. Pada penelitian sebelumnya telah dikembangkan kurikulumberbasis alam untuk daerah pesisir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektifitaspenerapan kurikulum berbasis daerah alam untuk daerah pesisir. Penelitian ini merupakanpenelitian eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Desain, terdiri dari duakelompok yaitu kelompok eksperimen (KE) dan kelompok Kontrol (KK), jumlah sampel untukdua keolmpok tersebut yaitu sebanyak 30 orang anak usia 5-6 tahun yang sekolah didaerahpesisir dengan teknik pengambilan sampel yaitu Sampling Purposive. Dari hasil analisis dataterdapat perbedaan pada capaian perkembangan anak usia 5-6 tahun baik dari aspek nilaimoral agama, kognitif, bahasa, sosial emosional, fisik motorik dan seni untuk kelompok anakyang diberi perlakuan dengan kelompok anak yang tidak diberi perlakuan penerapan kurikulumberbasis alam untuk daerah pesisir.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPSBE

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The Educhild Journal accepts articles about the following studies: 1. Social science education 2. Mathematics education in 3. Language education 4. Science education 5. Arts and culture education 6. Citizenship education 7. Religious education 8. Sports education 9. Learning and teaching 10. ...