Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Vol 5, No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika

Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Cahaya dan Alat Optik Kelas VIII4 SMP Negeri 3 Kulisusu Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019

Novianti, Fina (Unknown)
Tahang, La (Unknown)
Yuris, Muh. (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:1) mengetahui peningkatan  hasil belajar peserta didik kelas VIII4 SMP Negeri 3 Kulisusu pada materi pokok cahaya dan alat optik yang diajar dengan model discovery learning; dan 2) mengetahui ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas VIII4 SMP Negeri 3 Kulisusu pada materi pokok cahaya dan alat optik yang diajar dengan model discovery learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII4 SMP Negeri 3 Kulisusu yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 25 orang. Jenis data diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari tes hasil belajar dan lembar observasi. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) peningkatan  hasil belajar peserta didik kelas VIII4 SMP Negeri 3 Kulisusu pada materi pokok cahaya dan alat optik yang diajar dengan model discovery learning mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 12,83; dan 2) ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas VIII4 SMP Negeri 3 Kulisusu pada materi pokok cahaya dan alat optik yang diajar dengan model discovery learningmengalami peningkatan sebesar 36% dimana pada  siklus I sebesar 44% sedangkan siklus II sebesar 80% sehingga memenuhi kriteria keberhasilan tindakan secara individu dan klasikal

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPFI

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika is a Scientific Journal published by the Jurusan Pendidikan Fisika of the Teaching and Education Faculty of Halu Oleo University with a period of 4 (four) times a year, namely the January, April, July and November periods. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika ...