Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

TEACHING READING RECOUNT TEXT BY COMBINING QUESTION ANSWER RELATONSHIP WITH READER RESPONSE GROUPS STRATEGIES AT JUNIOR HIGH SCHOOL

hanum, Susanti Silvia (Unknown)
Hadi, Imron (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAKMakalah ini bertujuan untuk mengatasi salah satu permasalahan dalam pengajaran bahasa Inggris. Khususnya dalam membaca sebuah text. Selain itu, makalah ini juga dimaksudkan untuk menjelaskan aplikasi strategi Question Answer Relationship dan Reader Response Groups dalam memahami sebuah text recount dan juga masukan bagi guru apabila mengaplikasikan strategi ini dalam mengajar membaca.Dalam makalah ini penulis membahas bagaimana mengajar membaca dengan menggabungkan dua strategi yaitu Question answer relationship strategy dan Reader Response Groups Strategy. Question Answer Relationship adalah strategi yang diawali dengan membagikan materi berupa text recount untuk mereka baca terlebih dahulu dengan diam dan dilanjutkan dengan membagi kelompok untuk menjawab pertanyaan yang guru berikan yang mana ini bertujuan untuk memahami text, mendapatkan informasi dari text dan ide. Disini akan jelas terlihat mana siswa yang bisa memahami text dengan baik, mana yang tidak mengerti dari pemahaman text yang dibaca tadi. Kemudian, strategi Reader Response Groups adalah strategi dimana siswa diminta untuk merespon apa yang ada dalam text bacaan. Dengan menggabungkan strategi ini diharapkan siswa lebih tertarik dalam membaca, dan menjadikan siswa lebih aktif dan percaya diri dengan apa yang mereka ketahui.

Copyrights © 2013