Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

THE EFFECT OF USING CLICK AND CLUNK STRATEGY TOWARD STUDENTS READING COMPREHENSION AT SENIOR HIGH SCHOOL A Study at the Grade XI Students of SMA Negeri 1 Padang Ganting, Batusangkar

Zefhidayati, Zefhidayati (Unknown)
Siska, Siska (Unknown)
Yani, Titik Hardewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan strategi Click and Clunk terhadap nilai reading siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris, karena masih banyak nilai siswa yang rendah dalam pembelajaran reading. Jenis penelitian ini adalah eksperiment. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IS (Ilmu Sosial) SMA Negeri 1 Padang Ganting Batusangkar. Dalam menentukan homogen dan normal pada population, peneliti menggunakan Software Minitab. Data yang diambil untuk menentukan sampel adalah nilai semester 2 kelas X tahun akademik 2012/2013. Berdasarkan hasil yang diperoleh, Sample yang digunakan adalah kelas XI IS 2 sebagai kelas eksperimen, XI IS 3 sebagai kelas kontrol dan XI IS 4 sebagai kelas try out. Dalam meneliti, peneliti menggunakan strategi Click and Clunk dalam kelas eksperimen dan strategy Story Impression dalam kelas kontrol. Perlakuan yang diberikan sebanyak 8 kali pertemuan, materi yang diberikan sesuai dengan silabus kelas XI semester 2 yaitu report teks dan narrative teks. Setelah melakukan treatment, peneliti mengadakan post-test   untuk mengetahui hasil dari pengaruh strategi yang telah dicobakan. Setelah mendapatkan data tersebut, peneliti menganalisa hasil post-test dengan menggunakan rumus Sudjana (2005). Berdasarkan hasil analisis post test didapat rata-rata hasil tes pada kelas eksperimen adalah74.3 dan standar deviasi 8.7 dan kelas kontrol adalah 66.2 dan standar deviasi 8.6 Pengujian hipotesis ini dilakukan dengan uji t, setelah dilakukan pengujian diperoleh ttest  3.13 lebih besar  dari  ttable    2.02,  sehingga  disimpulkan  bahwa  Strategi  Click  and  Clunk  dapat memberikan signifikan efek dibandingkan strategi Story Impression terhadap hasil   belajar Bahasa Inggris khususnya dalam kemampuan pemahaman membaca pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padang Ganting Batusangkar.       

Copyrights © 2013