ABSTRAKPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan sikap siswa terhadap penilaian formatif. Penilaian formatif adalah metode penilaian yang digunakan guru untuk mengetahui kemajuan belajar siswa dalam satu atau dua bab pelajaran bahasa Inggris. Dalam penilaian ini, guru melibatkan siswa untuk melakukan penilaian self dan peer sehingga siswa mengetahui kemajuan belajarnya. Disamping itu, siswa dilatih bersikap jujur, adil, mandiri dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan oleh guru. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 6 Sijunjung yang berjumlah 89 orang. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah total sampling. Siswa diminta untuk mengisi angket yang terdiri dari 35 item yang dirumuskan berdasarkan indikator sikap siswa. Indikator terdiri dari cognitive component, affective component, dan behavioral component. Kemudian, peneliti memilih beberapa orang siswa untuk diwawancarai. Analisa data menggunakan metode deskriptif. Dari analisa ini, dapat disimpulkan bahwa sikap siswa berdasarkan tiap-tiap indikator adalah bervariasi. Untuk indikator affective component adalah 74.81%, indikator affective component adalah 67.06% dan indikator behavioral component adalah 78.63%. Berdasarkan persentase dari ketiga indikator tersebut, maka persentase yang paling dominan adalah pada indikator behavioral component.
Copyrights © 2013