ABSTRAK Membaca adalah salah satu keterampilan dasar yang penting dalam Bahasa Inggris yang harus diajarkan oleh seorang guru kepada siswanya. Membaca merupakan proses untuk memahami isi dari sebuah teks. Maka dari itu penulisan makalah ini bertujuan untuk membantu guru dalam mengatasi salah satu permasalahan yang ada dalam pengajaran membaca (Reading) pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Selain itu makalah ini juga dimaksudkan untuk menjelaskan aplikasi strategi Paired Summarizing dan RIDER (Read, Image, Describe, Evaluate, Repeat) dalam pemahaman sebuah teks descriptive agar menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa siswi dalam membaca teks Bahasa Inggris. Dalam makalah ini penulis membahas bagaimana mengajarkan reading dengan menggabungkan dua strategi yaitu Paired Summarizing dan RIDER (Read, Image, Describe, Evaluate, Repeat). Dalam aplikasinya, guru menggunakan Paired Summarizing, adapun langkah-langkah strategi ini guru menyiapkan sebuah teks dengan membuat beberapa poin dari teks, kemudian siswa diminta untuk mendiskusikan informasi dalam teks secara berpasangan. Kemudian strategy yang kedua yaitu RIDER, disini guru sebagai fasilitator untuk memandu siswa dalam membaca, menggambarkan, menceritakan, mengevaluasi dan mengulang untuk mempermudah siswa mendapatkan informasi dari teks. Dengan diterapkan strategi ini, siswa dapat meningkatkan pemahaman mereka dalam membaca. Hal ini juga diharapkan untuk tercapainya tujuan pembelajaran membaca pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).  Â
Copyrights © 2013