ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Very Important Point (VIP) strategy dalam pengajaran Bahasa Inggris khususnya reading.. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan oleh peneliti dengan menggunakan strategi Very Important Point dan kelas control mengunakan QAR(Question Answer Relationship Strategy). Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N  2 Pulau Punjung  tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 88 orang yang terdiri dari 3 kelas yaitu XI IPS 1, XI IPS 2 dan XI IPS 3. Hasil analisis pada penelitian ini diklasifikasikan dalam 2 bentuk; narrative  dan report text. Berdasarkan hasil analisis  tes, didapat mean score hasil tes pada kelas eksperimen 75,17 dan variance 72,13. Sedangkan rata-rata kelas kontrol 69,31 dan variance 48,16. Pengujian hipotesis ini dilakukan dengan uji T, setelah dilakukan pengujian diperoleh t-calculated 3,15 lebih besar dari t-table 2,04 dengan derajat kebebasan 0,05, maka hipotesis pada penelitian ini diterima, sehingga disimpulkan bahwa strategi Very Important Point (VIP) dapat memberikan efek yang baik terhadap hasil Bahasa Inggris khususnya dalam reading (membaca) pada siswa kelas XI IPS  SMA N 2 Pulau Punjung.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013