ABSTRAKMakalah ini ditulis bertujuan untuk membantu mengatasi salah satu dari sekian banyak permasalahan yang ada dalam pengajaran kosa kata (vocabulary) pada siswa kelas 6 sekolah dasar (SD). Selain itu, makalah ini juga dimaksudkan sebagai masukan bagi guru-guru bahasa inggris dalam melaksanakan pengajaran vocabulary sehingga siswa tertarik dan termotivasi dalam menguasai kosa kata.Dalam makalah ini, penulis membahas bagaimana pengajaran vocabulary melalui penggunaan kombinasi strategi Vocabulary Self-Collection Strategy (VSS) dan Word Walls. Strategi kombinasi ini mempermudah guru meningkatkan keinginan siswa dalam belajar kosa kata bahasa Inggris dan mempermudah siswa dalam menguasai kosa kata itu sendiri. Strategi Vocabulary Self-Collection Strategy (VSS) dapat membangun kemandirian siswa melalui kerja individu atau kelompok yang mana mereka diberikan kesempatan untuk mencari kosa kata yang baru atau sulit bagi mereka sendiri. Kemudian, pada Word Walls, guru menfasilitasi  sebuah poster atau beberapa kartu yang digunakan untuk mengidentifikasi makna kosa kata dalam teks. Tujuan dari penggabungan dua strategi ini agar siswa menjadi lebih aktif, efektif dan efisien dalam menguasai kosa kata. Penulis berharap agar strategi kombinasi ini bisa menjadi panduan bagi guru dalam mengajar vocabulary.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013