Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

THE EFFECT OF USING WRAP-UP STRATEGY TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION (A Study at the Eleventh Grade Students of SMA N 1 Gunung Tuleh Academic Year 2012/2013)

Erianti, Erianti (Unknown)
Sani, Riny Dwitya (Unknown)
SB, Handayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2013

Abstract

Dari observasi yang dilakukan penulis pada SMA N 1 Gunung Tuleh tahun ajaran 2012/2013, penulis menemukan masalah bahwa pemahaman membaca siswa masih rendah. Salah satu faktornya berasal dari strategi yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar tidak menarik. Faktor lain berasal dari siswa itu sendiri yang memiliki keterbatasan kosa kata. Dalam hal ini, penulis akhirnya melakukan sebuah peneitian. Penulis memakai Quasi-experimental. Populasinya adalah siswa kelas 2 dari SMA N 1 Gunung Tuleh yang terdiri dari kelas XI.IPS 1 sebagai kelas experiment dan kelas XI.IPS 2 sebagai kelas control. Penulis mendapatkan kelas sampel dengan cara cluster sampling. Pada kelas experiment, penulis mengajar dengan Wrap-up Strategy, di kelas control penulis mengajar dengan Questioning Strategy. Setelah  diberikan treatment, penulis melakukan test pada siswa dan mengumpulkan data dengan menggunakan t-test  formula. Hasil dari penelitian tersebut, bahwa Wrap-up Strategy dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa. Itu bisa dilihat pada perbedaan nilai rata-rata dari kedua kelas. Nilai rata-rata di kelas experiment adalah 75,08 sedangkan nilai rata-rata di kelas control adalah 68,33. Itu berarti hipotesis dari penelitian ini bisa diterima. 

Copyrights © 2013