Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

TEACHING READING COMPREHENSION OF NARRATIVE TEXT BY COMBINING DRTA WITH STORYTELLING STRATEGY AT SENIOR HIGH SCHOOL

Miarti, Titi Asni (Unknown)
Hadi, Imron (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAKMakalah ini ditulis bertujan untuk membantu mengatasi salah satu dari sekian banyak permasalahan yang ada dalam pegajaran membaca (reading) pada Sekolah Menengah Atas (SMA). Selain itu makalah ini juga dimaksudkan sebagai masukan bagi guru-guru bahasa Inggris dalam melaksanakan pelajaran reading sehinggga siswa tertatrik dan termotivasi untuk belajar membaca khususnya narrative text. Dalam makalah ini penulis membahas bagaimana pengajaran reading melalui penggabungan strategi DRTA dan strategi Storytelling. Dengan strategi ini mempermudah guru untuk meningkatkan keinginan siswadalam memahami isi bacaan. Secara garis besar langkah-langkah dari strategi DRTA yaitu: guru memilih sebuah text kemudian guru membimbing siswa untuk membuat prediksi dengan cara diskusi, setelah itu guru meminta siswa ntuk membuat ringkasa yang tujuannya agar siswa paham dengan isi bacaan. Sedangkan strategi Storytelling membuat siswa menceritakan kembali isi bacaan sesai dengan bahasa mereka masing-masing. Tujuan dari penggabungan dua strategi ini agar siswa menjadi lebih aktif, efektif, dan efisien dalam membaca. Penulis mengaharapkan agar penggabungan dua strategi ini bisa menjadi panduan bagi guru-guru dalam mengajar membaca. 

Copyrights © 2013