Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan media Postcard terhadap writing (kemampuan menulis) siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris, karena masih ada nilai siswa yang rendah dalam pembelajaran writing. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Air Bangis Pasaman Barat sebanyak 128 siswa. Dalam pemilihan sampel peneliti menggunakan cluster sampling. Data yang diambil untuk menentukan sampel adalah nilai semester ganjil kelas VIII tahun ajaran 2012/2013. Sample yang digunakan adalah kelas VIII A sebagai kelas ekperimen, VIII D sebagai kelas kontrol. Selanjutnya, dalam meneliti peneliti menggunakan media Postcard dalam kelas ekperimen dan media Cue Card dalam kelas kontrol. Sebelum peneliti memberikan perlakukan terlebih dahulu peneliti melakuka pre test untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Selanjutnya Perlakuan yang diberikan sebanyak 8 kali pertemuan, materi yang diberikan sesuai dengan silabus kelas VIII yaitu narrative dan recount text. Setelah itu peneliti mengadakan post test untuk. Setelah mendapatkan data tersebut, peneliti menganalisa dengan menggunakan rumus Sudjana (2005). Hasil yang didapat menunjukkan adanya peningkatan nilai setelah diperlakukan dikelas ekperimen yaitu VIII A, diperoleh t hitung yaitu 2. 19 lebih besar dari pada t tabel 2. 00. Dengan demikian media Postcard mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran writing.
Copyrights © 2013