Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

STUDENTS’ SELF-EFFICACY IN SPEAKING CLASS AT THE FIRST YEAR ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS OF STKIP PGRI SUATERA BARAT IN ACADEMIC YEAR 2012/2013

Amwazir, Richy (Unknown)
Perpisa, Lili (Unknown)
Ikhsan, M. Khairi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui self-efficacy serta proses yang mempengaruhi dalam membangun self-efficacy yang dimiliki mahasiswa Bahasa Inggris tingkat pertama tahun ajaran 2012/2013 dalam mata kuliah speaking. Penulis tertarik untuk meneliti hal ini karena penulis ingin mengetahui sejauh mana mahasiswa tahun pertama percaya akan potensi yang mereka miliki dalam mata kuliah speaking. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dimana populasinya adalah mahasiswa tingkat pertama tahun ajaran 2012/2013 yang telah mengikuti mata kuliah speaking I and II. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 10% dari populasi, tepatnya 40 orang. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket. Pada penelitian ini penulis menggunakan 2 buah angket. Angket pertama berisi 30 butir pertanyaan dengan  menggunakan indikator yang terdapat pada self-efficacy dan angket yang kedua berisi 20 butir pertanyaan dengan menggunakan indikator pada major processes of self-efficacy. Berdasarkan analisa terhadap angket, penulis menemukan 9 siswa yang memiliki self-efficacy cukup dalam speaking, 23 siswa yang memiliki self-efficacy tinggi dan 8 siswa yang memiliki self-efficacy sangat tinggi dalam speaking. Pada angket kedua, penulis menemukan selection processes adalah proses utama yang paling mempengaruhi siswa dalam mengaktifkan self-efficacy pada kelas speaking. Sehingga penulis dapat menyimpulkan bahwa mahasiswa Bahasa Inggris tingkat pertama tahun ajaran 2012/2013 memiliki self-efficacy yang tinggi pada mata kuliah speaking dan proses utama yang mempengaruhi siswa dalam membangun self-efficacy adalah proses dalam pemilihan lingkungan (selection processes).

Copyrights © 2013