Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

THE EFFECT OF USING LEVELED QUESTIONS STRATEGY TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT JUNIOR HIGH SCHOOL IN ACADEMIC YEAR 2012/2013 A Study at Eighth Grade Students of SMP Pertiwi 2 Padang

Ilham, Ramadatul (Unknown)
Riza, Armilia (Unknown)
Sevrika, Hevriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2013

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh strategi pertanyaan bertingkat dalam pengajaran Bahasa Inggris khususnya reading. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan menggunakan dua kualifikasi, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan oleh peneliti dengan menggunakan strategi pertanyaan bertingkat dan kelas kontrol tanpa menggunakan strategi pertanyaan bertingkat tetapi diberikan strategi tanya jawab. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas 2 SMP Pertiwi 2 Padang tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 84 orang yang terdiri dari 3 kelas yaitu VIII.1, VIII.2, dan VIII.3. Kelas sampel ditentukan dengan uji homogeneity dan normality. Yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII.3 dan kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah reading test berbentuk narrative and recount texts. Hasil analisis pada penelitian ini diklasifikasikan dalam 2 bentuk; narrative and recount teks. Berdasarkan hasil analisis tes, diperoleh hasil rata-rata hasil tes pada kelas eksperimen 79,53 dan standar deviasi 91,22. Sedangkan rata-rata kelas kontrol 73,20 dan standar deviasi 51,67. Pengujian hipotesis ini dilakukan dengan uji T, setelah dilakukan pengujian diperoleh t-calculated 2,74 lebih besar dari t-table 2,02 dengan derajat kebebasan 0,05, maka hipotesis pada penelitian ini diterima, sehingga disimpulkan bahwa strategi pertanyaan bertingkat dapat memberikan efek yang baik terhadap hasil belajar Bahasa Inggris khususnya reading (membaca) pada siswa kelas 2 (dua) SMP Pertiwi 2 Padang.  

Copyrights © 2013