ABSTRAKMakalah ini ditulis bertujuan untuk membantu mengatasi permasalahan  dalam pembelajaran membaca (reading) pada sekolah menengah atas (SMA). Makalah ini juga sebagai masukan bagi guru-guru bahasa Inggris dalam melaksanakan pelajaran reading sehingga siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar membaca khususnya narrative text. Dalam makalah ini penulis membahas bagaimana pembelajaran reading memadukan strategi partner prediction dan strategi highlighting. Strategi ini dapat mempermudah guru meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca dan mempermudah siswa tentang memahami isi bacaan. Ada beberapa langkah yang digunakan dalam memadukan dua strategi ini secara garis besar strategi partner prediction membuat siswa agar lebih aktif terhadap text yang dipelajari sehingga satu text memiliki sudut pandang yang berbeda dari setiap anak.  Ada dua langkah yang dilakukan siswa dalam strategi highlighting. Pertama, guru menjelaskan tentang strategi highlighting yang digunakan untuk mengidentifikasi informasi penting dalam text. Kedua,  menandai point-point penting text dengan menggunakan stabilo atau pensil warna. Tujuan dari penggabungan dua strategi ini agar siswa menjadi lebih aktif, efektif dan efisien dalam membaca. Penulis mengharapkan agar penggabungan strategi-strategi ini bisa menjadi panduan bagi guru dalam mengajar membaca.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013