ABSTRAKMakalah ini ditulis bertujuan untuk membantu mengatasi salah satu dari sekian banyak permasalah yang ada dalam menulis (writing) pada sekolah menengah atas (SMA). Selain itu makalah ini juga dimaksudkan sebagai masukan bagi guru-guru bahasa inggris dalam melaksanakan pelajaran writing sehingga siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar menulis khususnya expository text. Dalam makalah ini penulis membahas bagaimana pengajaran writing melalui penggabungan strategi PENS (Preview, Explore, Note, See) dan Strategi COLA (Content, Organization, Language, Apperance). Dengan strategi ini mempermudah guru meningkatkan keinginan siswa dalam menulis dan mempermudahkan siswa dalam proses penulisan. Ada beberapa langkah yang digunakan dalam penggabungan dua strategi ini secara garis besar. Fungsi strategi PEN ini adalah sebagai strategi menulis kalimat yang memungkinkan siswa dalam berbagai jenis kalimat untuk menulis. Dan strategi COLA sebagai cara untuk memperbaiki isi tulisan, organisasi, bahasa, dan penampilan yang bahkan dilakukan secara individual dapat dijadikan siswa sebagai cara sebagai pedoman untuk merevisi atau mengedit menulis teks. Tujuan dari penggabungan dua strategi ini agar siswa menjadi lebih aktif, efekti dan efisien dalam menulis. Penulis berharap agar penggabungan strategi-strategi ini bisa menjadi pedoman bagi guru dalam mengajar menulis.
Copyrights © 2013