Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

TEACHING READING DESCRIPTIVE TEXT BY COMBINING THAT WAS THEN THIS IS NOW AND SKETCH TO STRETCH STRATEGY AT SECOND GRADE OF JUNIOR HIGH SCHOOL

Risnelliza, Aulia Rahmi (Unknown)
Analido, Belinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2013

Abstract

Dalam penulisan makalah ini, penulis akan mendiskusikan tentang keterampilan membaca siswa. Membaca adalah keterampilan yang harus dikuasai oleh setiap siswa karena dengan membaca siswa dapat memperluas pengetahuan. Tetapi dilapangan masih ditemukan kesulitan siswa dalam memahami teks bacaan. Dalam makalah ini penulis memberikan solusi terhadap masalah tersebut dengan membahas sebuah gabungan strategy untuk membantu siswa dalam memahami sebuah text bacaan yaitu gabungan antara “That Was Then This Is Now dan Sketch To Stretch” strategy.            Strategy ini mempunyai langkah-langkah yang menarik dalam penerapannya. Dimulai dari siswa membuat dua kolom yang mana di sisi kiri dibuat kata that was then dan di sisi kanan di buat kata this is now. Setelah itu siswa diminta untuk menggambarkan sebuah sketsa tentang pengetahuan sebelumnya yang berkaitan dengan topik. Sedangkan disebelah kanan siswa mendiskusikan text tersebut dengan guru dan gurupun menunjukkan siswa sketsa berdasarkan text bacaan tersebut. Pada langkah akhir siswa diminta guru untuk membandingkan mengetahuan sebelumnya dengan pemahamannya dari text bacaan tersebut. Adapun kelebihan dari gabungan strategy ini adalah menarik untuk diterapkan dan siswapun dapat membandingkan pengetahuan sebelumnya dengan pengetahuan sesudah membaca text melalui sketsa.

Copyrights © 2013