Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

TEACHING SPEAKING BY COMBINING CRITICAL INCIDENTS WITH RESPONSE CARDS TECHNIQUES FOR JUNIOR HIGH SCHOOL

Trezah, Nora Lidia (Unknown)
Hadi, Imron (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAK Penulisan makalah ini bertujuan untuk membantu mengatasi permasalahan yang ada pada siswa dan guru dalam proses pelajaran/pembelajaran berbicara dalam Bahasa Inggris pada sekolah menengah pertama (SMP). Selain itu, makalah ini juga sebagai masukan bagi guru-guru Bahasa Inggris dalam melaksanakan pengajaran berbicara, sehingga siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris. Dalam makalah ini, penulis membahas tentang bagaimana mengajar berbicara dengan penggabungan teknik antara Critical Incidents dan Response Cards. Dalam aplikasinya, penggabungan teknik ini di awali oleh bimbingan guru, yang mana siswa di beri penjelasan tentang kedua teknik ini dan instruksi-instruksi yang berkaitan dengan teknik Critical Incidents dan teknik Response Cards. Setelah itu, siswa di minta untuk memahami teks recount yang di berikan oleh guru sebelum siswa membicarakan dan mendiskusikan bgaiman cara menyampaikan pengalama mereka di depan kelas. Kemudian guru memberikan instruksi-instruksi yang berkaitan dengan teknik Critical Incidents dan teknik Response Cards agar siswa dapat menemukan ide pokok dan pesan-pesan yang terdapat pada teks tersebut. Untuk mengetahui lebih jelasnya penggabungan teknik Critical Incidents dan teknik Response Cards dalam proses belajar mengajar, penulis juga mengutip beberapa pendapat para ahli tentang penggunaan teknik Critical Incidents dan teknik Response Cards dalam pengajaran berbicara. Dengan demikian, penggabungan teknik Critical Incidents dan teknik Response Cards sangat membantu siswa sekolah menengah pertama (SMP) untuk memahami dan menyampaikan sebuah teks dalam Bahasa Inggris.  

Copyrights © 2013