Reading merupakan salah satu komponen bahasa yang harus dikuasai oleh siswa dalam berbahasa inggris. Dengan menguasai reading siswa akan mudah memahami makna dari hasil pemikiran baik lisan maupun tulisan. Pembelajaran reading pada tingkat sekolah menengah sangat besar pengaruhnya bagi siswa pada tingkat selanjutnya. Selain itu siswa akan dapat memahami Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari dalam kegiatan seperti mendengar (listening), berbicara (speaking ) dan writing (menulis ).Pada journal ini, penulis membahas tentang salah satu strategy pembelajaran  reading yang dapat diaplikasikan di tingkat sekolah menengah yaitu dengan menggunakan combinasi Collaborasi dan Magnet Summary. Metode ini diharapkan bisa meningkatkan motivasi siswa dalam belajar membaca. Salah satu keuntungan dari metode ini adalah siswa lebih kreatif dalam menyampaikan hasil pemikirannya dan membuat suasana belajar tidak pasif. Dengan penerapan metode ini siswa akan lebih tertarik untuk belajar membaca sehingga akan dapat meningkatkan motivasi untuk berlatih dan meningkatkan cara belajar siswa dalam belajar membaca.
Copyrights © 2013