ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi Dialogue journals terhadap hasil menulis siswa dalam pengajaran bahasa Inggris khususnya writing. Penelitian ini menggunakan metode experimental yang memiliki satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Perlakuan berbeda diberikan pada kelas eksperimen dan kontrol yaitu sebanyak delapan kali. Populasi dari penelitian ini adalah kelas XI IPA SMAN 7 Padang yaitu 156 siswa yang terdiri dari 5 (lima) kelas. Instrument dari penelitian ini adalah writing test berbentuk Narrative text. Berdasarkan hasil analisis tes, didapatkan rata-rata dari hasil tes pada kelas eksperimen yaitu XI IPA 5 (76.96) dan standar deviasi 2.66. sedangkan rata-rata dari hasil tes pada kelas kontrol XI IPA 3 (75.90) dan standar deviasi 4.57. Pengujian hipotesis dari penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rumus Sudjana (2001). Setelah dilakukan pengujian diperoleh tcalculated (1.05) lebih kecil dari pada ttable (2.00) dengan nilai signifiansi 0.05, maka hipotesis pada penelitian ini tidak diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan strtaegi Dialogue Journals belum mampu memberikan efek yang positif terhadap nilai siswa dalam pembelajaran writing.Â
Copyrights © 2013