Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol 2, No 3 (2018): Oktober 2018

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Suri, Ni Nengah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan  Sosial pada Siswa Kelas V semester II Tahun Pelajaran 2016/2017  SD No 1 Darmasaba  setelah penerapan model pembelajaran pembelajaran Kooperatif tipe Teams Game Tournaments (TGT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD No 1 Darmasaba yang berjumlah 24 orang. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah hasil belajar Bahasa Indonesia dengan penerapan model pembelajaran pembelajaran Kooperatif tipe Teams Game Tournaments (TGT). Data hasil pelaksanaan pembelajaran dikumpulkan dengan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournaments (TGT) dapat meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan  Sosial pada Siswa Kelas V semester II Tahun Pelajaran 2016/2017  SD No 1 Darmasaba. Hasil ini terbukti dari peningkatan rata-rata siklus I sebesar 72 menjadi 78 pada siklus II. Ketuntasan klasikal siswa pun mengalami peningkatan dari 79% pada siklus I menjadi 92% pada siklus II

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...